Friday, July 16, 2010

Membuat Pestisida Organik Effective Microorganisms-5 ( EM-5)

Dengan adanya produk Effective Microorganisms-4 ( EM-4) yang beredar di pasaran, masyarakat, khususnya petani dapat lebih mudah untuk melakukan usaha taninya dengan cara organik, lebih sehat, lebih murah dan berkelanjutan.

Pestisida kimia biasanya cenderung digunakan secara berlebihan sehingga dapat mematikan jasad-jasad renik atau mikroorganisme yang menguntungkan di dalam tanah. Dengan mengembangkan produk EM-4 menjadi EM-5, bisa diperoleh pestisida dengan cara yang mudah.

Larutan EM-5 terdiri dari bahan - bahan sebagi berikut :
1. Molasse 100 cc
2. EM-4 100 cc
3. Cuka makan 100 cc
4. Alkohol 40% 100 cc
5. Air cucian beras 1000 cc

Kelima bahan tersebut diatas, dicampurkan ke dalam suatu wadah yang mempunyai tutup. Larutan ini dikocok setiap pagi dan sore. Kemudian tutup wadah dibuka untuk membebaskan gas yang terbentuk selama proses fermentasi, setelah kurang dari 15 hari pengocokan dihentikan ( selama tidak ada gas yang terbentuk ). Biarkan dan simpan selama 7 hari dan setelah itu siap untuk digunakan.

EM-5 diaplikasikan dengan cara disemprotkan ke seluruh tanaman dengan konsentrasi 5-10 cc / liter air. Penyemprotan sebaiknya dilakukan pada sore hari, menjelang matahari terbenam. Untuk kebutuhan bahan dengan jumlah yang lebih besar, bahan - bahan disiapkan secara proporsional dengan komposisi yang sama dengan di atas.